Nama Ketua : Ilham Setiobudi 11170525
Nama Anggota : Putri Andayani 11170342
Rinto Nugroho 11170015
Tri Wahyuni 11170914
Umoro Tri Setyo 11170987
Yoga Alfon L 11170947
Mata Kuliah : Sistem Basis Data
Kelas : 11.2A.04
1 . Apa
yang di maksud dengan pengembangan software?
Jawab :
suatu
penerapan struktur pada pengembangan suatu perangkat lunak ( software ), yang
bertujuan untuk mengembangkan sistem dan memberikan panduan untuk menyukseskan
proyek pengembangan sistem melalui tahapan-tahapan tertentu.
Referensi :
The
linux develpment platform chapter 1
2 . Model
pengembangan software terdiri dari ( sebutkan dan jelaskan )?
Jawab :
Model
sekuensial linier atau waterfall development model
Model
sekeensial linier atau sering disebut model pengembangan air terjun, merupakan
paradigma model pengembangan perangkat lunak paling tua, dan paling banyak di
pakai.
Model
prototype
Metode
prototype merupakan suatu paradigma baru dalam metode pengembangan perangkat
lunak dimana metode ini tidak hanya sekedar evolusi dalam dunia pengembangan
perangkat lunak, tetapi juga merevolusi
metode pengembangan peraangkat lunak yang lama yaitu sistem sekuensial yang
biasa dikenal dengan nama SDLC atau waterfall development model.
Metode
Rapid ApplicationDevoplement ( RAD )
Rapid
ApplicationDevoplement ( RAD ) adalah sebuah model proses perkembangan
perangkat lunak sekuensial linier yang menekankan siklus perkembangan yang
sangat pendek ( kira-kira 60 sampai 90 hari ).
Model Evolutionary development/ Evolutionary
Software Process Models
Model Evolutionary development bersifat iteratif (
mengandung perulangan ) hasil proses berupa produk yang makin lama makin
lengkap sampai versi terlengkap dihasilkan sebagai produk akhir dan proses.
Referensi :
3 .
ERD adalah?
Jawab :
entity relationship diagram ( ERD ) adalah suatu model untuk menjelaskan
hubungan antar data dalam basis data berdasarkan objek-objek dasar data yang
mempunyai hubungan antar relasi. ERD untuk memodelkan struktur data dan
hubungan antar data, untuk menggambarkannya digunakan beberapa notasi dan
simbol.
Referensi
:
4.
LRS adalah?
Jawab :
Menurut
Kusrini (2007:18) “LRS (Logical Record Structure) merupakan representasi dari
struktur recordrecord pada tabel-tabel yang terbentuk dari hasil relasi antar
himpunan entitas pada diagram E-R”.
Referensi :
5.
UML adalah?
Jawab :
Unified
Modelling Language (UML) adalah sebuah “bahasa” yang telah menjadi standar
dalam industri untuk visualisasi,merancang dan mendokumentasikan sistem piranti
lunak. UML menawarkan sebuah standar untuk merancang model sebuah sistem.
Dengan menggunakan UML dapat dibuat model untuk semua jenis aplikasi piranti
lunak, dimana aplikasi tersebut dapat berjalan pada piranti keras, sistem
operasi dan jaringan apapun, serta ditulis dalam bahasa pemrograman
apapun.Tetapi karena UML juga menggunakan class dan operation dalam konsep
dasarnya, maka lebih cocok untuk penulisan piranti lunak dalam bahasa
berorientasi objek seperti C++, Java, atau VB. NET
Referensi :
6.
OOP adalah?
Jawab :
Object
Oriented Programming (OOP) adalah perangkat lunak yang dihasilkan dari
pemodelan menggunakan UML yang berisi analisis dan perancangan perangkat lunak
yang merupakan perpaduan dari beberapa metode yang telah ada sebelumnya.
Penelitian ini berisi masalah pada sistem yang telah ada, yaitu kurang
terintegrasinya data terkait sidang skripsi, pelaporan yang masih dikerjakan
secara manual, dan databasing yang kurang sistematis. Solusi dari permasalahan
yang ada adalah dengan implementasi OOP sebagai metodologi dalam analisis,
perancangan dan pemrograman sistem sidang skripsi mulai dari pembimbingan
skripsi, pelaksanaan sidang, penilaian hasil sidang, sampai pada
pelaporan-pelaporan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan
implementasi OOP pada aplikasi sistem sidang skripsi yang diharapkan menjadi
solusi dari keterbatasan-keterbatasan sistem yang ada. Simpulan dari penelitian
ini adalah bahwa aplikasi sidang skripsi yang menggunakan metode OOP memiliki
banyak keunggulan, diantaranya adalah sifat reusability program, maintenance
yang tidak rumit, dan mudah untuk dikembangkan.
Referensi :
7. Komponen
dari ERD (sebutkan dan jelaskan)?
Jawab :
A. Entitas
Entitas adalah segala sesuatu yang
dapat digambarkan oleh data. Entitas juga dapat diartikan sebagai individu yang
mewakili sesuatu yang nyata (eksistentinya) dan dapat dibedakan dari sesuatu
yang lain(Fathansyah, 1999). Entitas digambarkan dengan bentuk persegi.
Contoh :
Barang Karyawan, Member
B. Atribut
Atribut merupakan pendeskripsian
karakteristik dari entitas. Atribut digambarkan dalam bentuk lingkaran atau
elips. Atribut yang menjadi kunci entitas atau key diberi garis bawah.
Contoh :
C.Relasi atau Hubungan
Relasi menunjukkan adanya hubungan
diantara sejumlah entitas yang berasal dari himpunan entitas yang
berbeda. Relasi digambarkan dalam bentuk bangun datar belah ketupat.
Contoh :
D.Kardinalitas
Kardinalitas Relasi menunjukkan
jumlah maksimum entitas yang dapat berelasi dengan entitas pada himpunan
entitas yang lain.
8. Komponen dari LRS ( Sebutkan dan
Jelaskan)?
Jawab :
·
Satu ke Satu (One to One)
Yang berarti setiap entitas pada
himpunan entitas A berhubungan dengan paling banyak dengan satu entitas pada
himpunan entitas B dan begitu juga sebaliknya.
Contoh : Satu Presiden memimpun Satu
Negara dan sebaliknya Satu Negara dipimpin oleh Satu Presiden
·
Satu ke Banyak atau Banyak ke Satu
(One to Many atau Many to One)
Yang berarti setiap entitas pada
himpunan entitas A dapat berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan
entitas B, tetapi tidak sebaliknya.
Contoh : Satu Pimpinan memiliki
banyak Karyawan, dan banyak karyawan dipimpin oleh satu Pimpinan
·
Banyak Ke Banyak (Many to Many)
Yang berarti setiap enntitas pada
himpunan entitas A dapat berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan
entitas B, begitu juga sebaliknya
Contoh :
9.
Komponen dari UML ( sebutkan dan jelaskan)?
Jawab :
Berikut ini adalah
komponen-Komponen dalam UML (unified
Modeling Language)
- Use Case Diagram
Use case adalah abstraksi dari interaksi antara
system dan actor. Use case bekerja dengan cara mendeskripsikan tipe interaksi
antara user sebuah system dengan sistemnya sendiri melalui sebuah cerita
bagaimana sebuah system dipakai.
- ACTIVITY DIAGRAM
Activity diagram menyediakan analis dengan kemampuan untuk memodelkan proses dalam suatu sistem informasi. Activity diagram dapat digunakan untuk alur kerja model, use case individual, atau logika keputusan yang terkandung dalam metode individual3. Activity diagram juga menyediakan pendekatan untuk proses pemodelan paralel. Activity diagram lebih lanjut .
- PACKAGE DIAGRAM
Package diagram utamanya digunakan untuk mengelompokkan
elemen diagram UML yang berlainan secara bersama-sama ke dalam tingkat
pembangunan yang lebih tinggi yaitu berupa sebuah paket. Diagram paket pada
dasarnya adalah diagram kelas yang hanya menampilkan paket, disamping kelas,
dan hubungan ketergantungan, disamping hubungan khas yang ditampilkan pada
diagram kelas.
- STATE DIAGRAM
State diagram menggambarkan urutan
keadaan yang dilalui objek dalam suatu kelas, karena suatu kejadian menyababkan
suatu perpindahan aktivitas/state. State dari objek adalah penggolongan dari
satu atau lebih nilai attribute pada kelas.
- SEQUENCE DIAGRAM
Sequence diagram menjelaskan
interaksi objek yang disusun berdasarkan urutan waktu. Secara mudahnya sequence
diagram adalah gambaran tahap demi tahap yang seharusnya dilakukan untuk
menghasilkan sesuatu sesuai dengan use case diagram.
Bersifat dinamis. Diagram urutan
adalah interaksi yang menekankan pada pengiriman pesan (message) dalam suatu
waktu tertentu.
Sequence diagram menekankan
penyusunan berbasis waktu untuk kegiatan yang dilakukan dengan satu set dari
objek yang berkolaborasi. Sequence diagram sangat berguna dalam membantu
analis, memahami spesifikasi real-time dan menggunakan kasus yang rumit (lihat
di bawah). Diagram ini dapat diguanakan untuk mendeskripsikan baik secara fisik
dan logis interaksi antara objek.
- CLASS DIAGRAM
Class adalah dekripsi kelompok
obyek-obyek dengan property, perilaku (operasi) dan relasi yang sama. Sehingga
dengan adanya class diagram dapat memberikan pandangan global atas sebuah
system. Hal tersebut tercermin dari class- class yang ada dan relasinya satu
dengan yang lainnya. Sebuah sistem biasanya mempunyai beberapa class diagram.
Class diagram sangat membantu dalam visualisasi struktur kelas dari suatu
system.
Bersifat statis. Diagram ini memperlihatkan
himpunan kelas-kelas, antarmuka, kolaborasi-kolaborasi, serta relasi-relasi.- COMMUNICATION DIAGRAM
Communication diagram menggambarkan
interaksi antar objek seperti sequence diagram, tetapi lebih menekankan pada
peran masing-masing objek. Setiap message memiliki sequence number, dimana
message dari level tertinggi memiliki Nomor 1. Diagram membawa informasi yang
sama dengan diagram Sequence, tetapi lebih memusatkan atau memfokuskan pada
kegiatan obyek dari waktu pesan itu dikirimkan.
- COMPOSITE STRUCTURE DIAGRAM
Diagram struktur komposit adalah
diagram yang menunjukan struktur internal classifier, termasuk poin
interaksinya ke bagian lain dari system. Hal ini menunjukkan konfigurasi dan
hubungan bagian, yang bersama-sama melakukan perilaku classifier. Diagram
struktur komposit merupakan jenis diagram struktur yang statis dalam UML, yang
menggambarkan struktur internal kelas dan kolaborasi.
- OBJECT DIAGRAM
Object diagram merupakan sebuah
gambaran tentang objek-objek dalam sebuah system pada satu titik waktu. Karena
lebih menonjolkan perintah-perintah dari pada class, object diagram lebih
sering disebut sebagai sebuah diagram perintah.
- TIMING DIAGRAM
Memperlihatkan interaksi ketika
tujuan utama diagram adalah waktu. Menggambarkan perubahan dalam state atau
kondisi dari pengelompokkaninstance atau tugas berlebihan. Biasanya dipakai
untuk memperlihatkan perubahan dalam state objectberlebihan dalam merespon ke
external events. Dipakai untuk memperlihatkan perilaku dari sebuah/ beberapa
object melaluiperiode waktu.
- COMPONENT DIAGRAM
Diagram ini bila dikombinasikan
dengan diagram penyebaran dapat digunakan untuk menggambarkan distribusi fisik
dari modul perangkat lunak melalui jaringan. Misalnya, ketika merancang sistem
client-server, hal ini berguna untuk menunjukkan mana kelas atau paket kelas
akan berada pada node klien dan mana yang akan berada di server.
- DEPLOYMENT DIAGRAM
Deployment diagram menggambarkan
detail bagaimana komponen di deploy dalam infrastruktur system, dimana komponen
akan terletak (pada mesin, server atau piranti keras), bagaimana kemampuan
jaringan pada lokasi tersebut, spesifikasi server, dan hal-hal lain yang
bersifat fisikal. Hubungan antar node ( misalnya TCP/IP) dan requirement dapat
juga didefinisikan dalam diagram ini.
- Interaction Overview Diagram
Interaction Overview Diagram adalah
pecangkolan secara bersama antara activity diagram dengan sequence diagram.
Interaction Overview Diagram dapat dianggap sebagai activity diagram dimana
semua aktivitas diganti dengan sedikit sequence diagram, atau bisa juga
dianggap sebagai sequence diagram yang dirincikan dengan notasi activity
diagram yang digunakan untuk menunjukkan aliran pengawasan.
Referensi :
http://konsepdasaroop07.blogspot.co.id/.
10.
Konsep dari OOP(sebut dan jelaskan)?
Jawab :
KONSEP-KONSEP OOP
1. Kelas Abstrak (Class Abstraksi)
2. Enkapsulasi (encapsulation)
3. Pewarisan (Inheritance)
4. Polimorfisme (polymorphism)
A. Kelas Abstrak (Class Abstraksi)
·
Kelas merupakan deskripsi abstrak
informasi dan tingkah laku dari sekumpulan data.
·
Kelas dapat diilustrasikan sebagai
suatu cetak biru(blueprint) atau prototipe yang digunakan
untuk menciptakan objek.
·
Kelas merupakan tipe data bagi objek
yang mengenkapsulasi data dan operasi pada data dalam suatu unit
tunggal.
·
Kelas mendefinisikan suatu struktur
yang terdiri atas data kelas (data field), prosedur atau
fungsi (method), dan sifat kelas (property).
B. Enkapsulasi (encapsulation)
·
Istilah enkapsulasi sebenarnya
adalah kombinasi data dan fungsionalitas dalam sebuah unit
tunggal sebagai bentuk untuk menyembunyikan detail informasi.
·
Proses enkapsulasi memudahkan kita
untuk menggunakan sebuah objek dari suatu kelas karena kita tidak
perlu mengetahui segala hal secara rinci.
·
Enkapsulasi menekankan pada
antarmuka suatu kelas, atau dengan kata lain bagaimana menggunakan
objek kelas tertentu.
·
Contoh: kelas mobil menyediakan
antarmuka fungsi untuk menjalankan mobil tersebut, tanpa kita
perlu tahu komposisi bahan bakar, udara dan kalor yang diperlukan
untuk proses tersebut.
C. Pewarisan (Inheritance)
·
Kita dapat mendefinisikan suatu
kelas baru dengan mewarisi sifat dari kelas lain yang sudah ada.
·
Penurunan sifat ini bisa dilakukan
secara bertingkattingkat, sehingga semakin ke bawah kelas
tersebut menjadi semakin spesifik.
·
Sub kelas memungkinkan kita untuk
melakukan spesifikasi detail dan perilaku khusus dari kelas supernya.
·
Dengan konsep pewarisan, seorang
programmer dapat menggunakan kode yang telah ditulisnya pada kelas
super berulang kali pada kelas-kelas turunannya tanpa harus menulis ulang
semua kodekode itu.
D. Polimorfisme (polymorphism)
·
Polimorfisme merupakan kemampuan
objekobjek yang berbeda kelas namun terkait dalam pewarisan untuk
merespon secara berbeda terhadap suatu pesan yang sama.
·
Polimorfisme juga dapat
dikatakan kemampuan sebuah objek untuk memutuskan method mana yang
akan diterapkan padanya, tergantung letak objek tersebut pada jenjang
pewarisan.
·
Method overriding.
·
Method name overloading.
Referensi
:
Books.google.co.id/books
11. Bahasa dari OOP(sebut dan jelaskan)?
Jawab
:
A. DelphiBorland Delphi atau biasa disebut Delphi saja, merupakan sarana pemrograman aplikasi visual. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa pemrograman Pascal atau yang kemudian disebut bahasa pemrograman Delphi. Delphi merupakan generasi penerus dari Turbo Pascal.
B. Bahasa C
Akar dari bahasa C adalah bahasa BCPL yang dikembangkan oleh Martin Richard pada tahun 1967. Bahasa ini memberikan ide kepada Ken Thompson yang kemudian mengembangkan bahasa yang disebut dengan B pada tahun 1970. Perkembangan selanjutnya dari bahasa B adalah bahasa C oleh Dennis Ricthie sekitar tahun 1972-an di Bell Telephone Laboratories Inc.( sekarang adalah AT&T Bell Laboratories).
C. Visual Basic
Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM), Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputergrafik dengan cepat, Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda.
D. Pascal
Dirancang oleh Prof. Nicklaus Wirth dari Technical University di Zurich, Switzerlandtahun 1971.Nama Pascal berasal dari Blaise Pascal, nama ahli matematika dan philosopi dari Perancis (abad 17). Pengembangan dari bahasa Algol 60 dan Algol W (turunan Algol 60). Memiliki beberapa versi, seperti : Turbo Pascal, Ms Pascal (Microsoft), Apple Pascal,UCSD (University of California at San Diego Pascal), dll.
E. JAVA
Java adalah sebuah teknologi yang diperkenalkan oleh Sun Microsystems pada pertengahan tahun 1990. Menurut definisi dari Sun, Java adalah nama untuk sekumpulan teknologi untuk membuat dan menjalankan perangkat luinak pada komputer standalone ataupun pada lingkungan jaringan.
F.
Bahasa Pemrograman C++
C++ adalah bahasa pemrograman komputer C++ dikembangkan di Bell Labs (Bjarne Stroustrup) pada awal tahun 1970-an, Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu BCL, Pada awalnya, bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix, Pada perkembangannya, versi ANSI (American National Standart Institute) Bahasa pemrograman C menjadi versi dominan, Meskipun versi tersebut sekarang jarang dipakai dalam pengembangan sistem dan jaringan maupun untuk sistem embedded, Bjarne Stroustrup pada Bell labs pertama kali mengembangkan C++ pada awal 1980-an, Untuk mendukung fitur-fitur pada C++, dibangun efisiensi dan sistem support untuk pemrograman tingkat rendah (low level coding).] Pada C++ ditambahkan konsep-konsep baru seperti class dengan sifat-sifatnya seperti inheritance dan overloading. Salah satu perbedaan yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming). Perbedaan Antara Bahasa pemrograman C dan C++ meskipun bahasa-bahasa tersebut menggunakan sintaks yang sama tetapi mereka memiliki perbedaan, C merupakan bahasa pemrograman prosedural, dimana penyelesaian suatu masalah dilakukan dengan membagi-bagi masalah tersebut kedalam su-submasalah yang lebih kecil, Selain itu, C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat Pemrograman berorientasi objek, Untuk menyelesaikan masalah, C++ melakukan langkah pertama dengan menjelaskan class-class yang merupakan anak class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari object-object fisik, Class tersebut berisi keadaan object, anggota-anggotanya dan kemampuan dari objectnya, Setelah beberapa Class dibuat kemudian masalah dipecahkan dengan Class.
C++ adalah bahasa pemrograman komputer C++ dikembangkan di Bell Labs (Bjarne Stroustrup) pada awal tahun 1970-an, Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu BCL, Pada awalnya, bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix, Pada perkembangannya, versi ANSI (American National Standart Institute) Bahasa pemrograman C menjadi versi dominan, Meskipun versi tersebut sekarang jarang dipakai dalam pengembangan sistem dan jaringan maupun untuk sistem embedded, Bjarne Stroustrup pada Bell labs pertama kali mengembangkan C++ pada awal 1980-an, Untuk mendukung fitur-fitur pada C++, dibangun efisiensi dan sistem support untuk pemrograman tingkat rendah (low level coding).] Pada C++ ditambahkan konsep-konsep baru seperti class dengan sifat-sifatnya seperti inheritance dan overloading. Salah satu perbedaan yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming). Perbedaan Antara Bahasa pemrograman C dan C++ meskipun bahasa-bahasa tersebut menggunakan sintaks yang sama tetapi mereka memiliki perbedaan, C merupakan bahasa pemrograman prosedural, dimana penyelesaian suatu masalah dilakukan dengan membagi-bagi masalah tersebut kedalam su-submasalah yang lebih kecil, Selain itu, C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat Pemrograman berorientasi objek, Untuk menyelesaikan masalah, C++ melakukan langkah pertama dengan menjelaskan class-class yang merupakan anak class yang dibuat sebelumnya sebagai abstraksi dari object-object fisik, Class tersebut berisi keadaan object, anggota-anggotanya dan kemampuan dari objectnya, Setelah beberapa Class dibuat kemudian masalah dipecahkan dengan Class.
G.
Bahasa Pemrograman PHP
PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini. PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web. PHP banyak dipakai untuk membuat situs web yang dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain. PHP biasanya berjalan pada sistem operasi linux (PHP juga bisa dijalankan dengan hosting windows).
PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini. PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web. PHP banyak dipakai untuk membuat situs web yang dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain. PHP biasanya berjalan pada sistem operasi linux (PHP juga bisa dijalankan dengan hosting windows).
H.
HTML
HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer.
HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer.
Referensi :
M Danuri-INFOKM,2013-amikjtc.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar